Minggu, 15 Mei 2011

Ukiran alam yang indah


Berikut pemandangan alam yang indah yang dapat kita lihat.
Dari Atas pegunungan.

Dari bawah perut bumi
Goa Indah di Gersangnya Pegunungan Pacitan

Indonesia  Pacitan – Jawa timur memang menyimpan banyak pesona. Dimana pun tempatnya, berbagai keindahan dan keajaiban alam bisa ditemukan. Begitupun di Pacitan, Jawa Timur, yang selama ini lekat dengan pegunungan tandus dan gersang, Anda bisa menemukan objek wisata Gua Gong yang mengagumkan.

Gua Gong merupakan satu dari gua-gua yang tersembunyi di perut gunung-gunung kecil yang ada di Pacitan. Gua ini merupakan gua horizotal dengan panjang sekitar 256 meter. Menurut beberapa peneliti dan wisatawan mancanegara, gua ini juga merupakan gua paling indah di Asia Tenggara.

Berada di dalam gua, Anda akan melihat susunan stalaktit dan stalagmit dengan usia ratusan tahun. Ukiran alam ini sangat mengagumkan. Aliran dan tetes-tetes air selama ratusan tahun telah membuat karya seni yang bernilai tinggi.


Selain stalaktit dan stalagmit, perpaduan keduanya juga membentuk tiang (coloumn) yang menyerupai tiang Gotik. Bila terkena pantulan cahaya lampu warna warni, ornamen ini akan terlihat lebih indah.

Satu ornamen yang sangat indah adalah sekumpulan tirai (drapery) raksasa yang dipenuhi oleh bintik-bintik mutiara laksana pendar cahaya kunang-kunang. Suasana gua yang temaram semakin menambah gemerlap ribuan titik-titik kecil itu.

Keindahan ornamen gua yang menakjubkan diabadikan dengan berbagai nama, seperti Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin, dan Selo Susuh Angin.





Masih di dalam gua, Anda juga akan menemukan sendang yang bernilai magis menurut kepercayaan beberapa orang. Sendang-sendang ini antara lain, Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto yang dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit.

Gua Gong juga memiliki beberapa ruangan. Ruang pertama dalah ruang Sendang Bidadari yang terdapat sendang kecil dengan air bersih dan dingin. Di sebelahnya adalah ruang Bidadari. Ruang ketiga dan keempat adalah ruang kristal dan marmer.


Ruang kelima merupakan ruang yang paling lapang. Di tempat ini pernah diadakan konser musik empat negara (Indonesia, Swiss, Inggris, dan Perancis) dalam rangka mempromosikan keberadaan Gua Gong ke Mancanegara.


Goa Gong terletak di pesisir pantai selatan, tepatnya di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, 37 km ke arah barat kota Pacitan. Goa Gong dikelilingi oleh sederetan gunung, diantaranya :

- Sebelah utara adalah gunung Manyar
- Sebelah timur adalah gunung Gede
- Sebelah selatan adalah gunung Karang Pulut
- Sebelah barat adalah gunung Grugah


Sederetan gunung yang mengelilingi goa Gong tersebut sebagian besar ditanami pohon jati, pisang, kelapa, tapi sebaliknya di musim hujan juga ditanami ketela, cabe, padi, mentimun, dan sebagainya, sehingga dari kejauhan nampak kehijauan yang dapat menambah keasrian suasana goa Gong pada pagi hari dan menjelang senja tiba.




Artikel Tehnik.
Artikel Kesehatan

Artikel Religi
Artikel Budaya
Jalan Jalan dan lain lain

1 komentar:

  1. Singgah lagi...Gua Gong memang sangat indah!

    www.womenandperspectives.com

    BalasHapus