Minggu, 20 Februari 2011

Pengenalan Pompa


Pengertian Pompa
Pompa adalah suatu alat yang digunakan untuk memindahkan suatu cairan dari suatu tempat ke tempat lain dengan cara menaikkan tekanan cairan tersebut. Kenaikan tekanan cairan tersebut digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan pengaliran. Hambatan-hambatan pengaliran itu dapat berupa perbedaan tekanan, perbedaan ketinggian atau hambatan gesek.

Multistage Wood Pump Terpasang Bawah Deck Kapal Untuk Injeksi Crude Oil Transfer
 
  Tekanan
Tekanan dan aliran adalah salah satu parameter kunci menyangkut dalam pembelajaran sistim pemompaan. Tekanan dalam sebuah sistem Pemompaan muncul dari hambatan aliran.
Menimbang aliran dari pompa zat cair seperti yang ditunjukan. Disini pompa hanya menghasilkan aliran dan bukan tekanan. Bagaimanapun hambatan aliran dari pompa menghasilkan formasi tekanan. Hambatan aliran ini normalnya didapat dari aktuator yang menyebabkan beban. Bermacam konduktor dan komponen sistem Pemompaan seperti pipa dan elbow juga dapat berlaku sebagai titik penghambat dan berkontribusi dalam membangkitkan tekanan didalam sistem.   Tekanan P didefinisikan sebagai gaya (F) yang bekerja normal per satuan area permukaan (A) . 
Tekanan dalam sistem SI diukur dalam N/m2 atau juga dikenal sebagai Pascal. Tekanan dapat juga diekspresikan dalam bar dimana,    1 bar = 105 N/m2
Tekanan dalam sistem Amerika diukur dalam lb/in2 atau psi,  
Dimana     1 psi = 0,0703 kg/cm2

 Tekanan fluida
Komposisi fluida adalah molekul molekul, yang bergerak secara terus menerus dan acak. Molekul ini bergerak keseluruh volume fluida saling bertubrukan satu sama lainnya dan dengan didinting  penampungnya yang mana molekul bersama sama momentumnya berubah.
Sekarang kita menimbang sebuah permukaan fluida yang mana diimpak dengan sejumlah besar molekul. Akibatnya momentum dari molekul diteruskan ke permukaan. Perubahan momentum yang diteruskan perdetik oleh molekul molekul ini pada permukaan memberikan gaya merata  pada permukaan, ketika gaya normal dikenakan pada fluida per satuan luas permukaan, ini dikenal sebagai tekanan fluida.


Tekanan pada satu titik pada zat cair.
Tekanan pada sembarang titik dari fluida diam, ditunjukan dengan hukum hidrostatik, yang mana penambahan nilai tekanan vertikal arah kebawah harus sama terhadap berat jenis fluida pada titik tersebut.
Garis vertikal atas dari permukaan bebas diatas beberapa titik zat cair yang diam diketahui sebagai kepala tekanan. Implikasi tekanan itu (disebut tekanan kepala) pada suatu titik dalam zat cair diberikan dalam persamaan berikut:        P = p g h  
Dimana :
p adalah berat jenis zat cair
h adalah ketinggian zat cair dari titik tersebut ke permukaan.
g adalah percepatan gravitasi.
Selanjutnya tekanan pada suatu titik tergantung pada tiga faktor:
1.   Kedalaman suatu titik dari permukaan.
2.   Berat jenis zat cair.
3.   Percepatan garvitasi. 

Ilustrasi Cara kerja Pompa

 Atmosfir, absolut, pengukur tekanan dan vakum
Tekanan Atmosfir
Permukaan bumi diselubungi oleh udara yang disebut atmosfir, dimana naik keatas dari permukaan bumi. Udara mempunyai masa dan terkait akibat dari gravitasi yang dikenakan pada gaya disebut berat. Gaya dibagi luas area disebut tekanan. Tekanan yang dikenakan pada permukaan bumi dinamakan tekanan atmosfir.
Tekanan Alat Ukur
Banyak instrumen alat ukur untuk mengukur perbedaan tekanan antara zat cair dengan tekanan udara . Ini disebut tekanan alat ukur.
Tekanan absolute
Tekanan absolute adalah jumlah tekananan di alat ukur dan tekanan atmosfir.
Vakum
Jika tekanan lebih rendah dari tekanan atmosfir, alat ukur ini negatif dan hal kevakuman digunakan ketika tekanan absolut nya nol (contoh tidak ada udara)
Hukum Pascal
Dibawah prinsip bagaimana fluida meneruskan tenaga adalah dinyatakan dengan hukum Pascal. Area hukum Pascal menerangkan bahwa tekanan diaplikasikan untuk fluida tebatas yang diteruskan dan tidak kurang ke segala arah. Bentuk hukum ini memberikan pemahaman dasar hubungan antara gaya, tekanan dan luas area, yang secara matematika dikspresikan sebagai:        Gaya = tekanan x luas area
Gelembung udara keatas semakin besar  Semakin dalam tekanan air semakin besar
Artikel Tehnik.
Artikel Kesehatan

Artikel Religi
Artikel Budaya
Jalan Jalan dan lain lain

1 komentar: