Kamis, 10 Maret 2011

Pompa Rotary Lanjutan Pompa Reciproacating


Pompa rotary adalah pompa perpindahan positif dimana energi mekanis ditansmisikan dari mesin penggerak ke cairan dengan menggunakan elemen yang berputar (rotor) di dalam rumah pompa (casing). Pada waktu rotor berputar di dalam rumah pompa, akan terbentuk kantong-kantong yang mula-mula volumenya besar (pada sisi isap) kemudian volumenya berkurang (pada sisi tekan) sehingga fluida akan tertekan keluar.
Beberapa pompa rotari yang banyak ditemukan antara lain :
 
a.   Pompa roda gigi luar, rotornya berupa sepasang roda gigi yang berputar di dalam rumah pompa. Roda gigi itu dapat berupa gigi heliks-tunggal, heliks-ganda atau gigi lurus. 

External gear pump design for hydraulic power applications.


Pompa Roda Gigi  Luar


b. Pompa roda gigi dalam, mempunyai rotor yang berupa roda gigi dalam yang berpasangan dengan roda gigi luar yang bebas (idler).


Internal gear pump design for high viscosity fluids.
Urautan proses penekanan Cairan
Interanal Gear Pump



Internal gear pump design for automotive oil pumps.


c. Pompa kam dan piston, disebut juga pompa plunyer rotari, terdiri dari lengan eksentrik dan lengan bercelah pada bagian atasnya.


d. Pompa cuping (pompa lobe), mempunyai dua rotor atau lebih dengan dua, tiga, empat cuping atau lebih pada masing-masing rotor.
    
Pompa rotari dua cuping (lobe)

 Pompa rotari tiga lobe   
Pompa rotari empat cupin
        
    
e. Pompa sekrup, mempunyai satu, dua, tiga sekrup yang berputar dalam rumah pompa yang diam.
  
screw tunggal

dua screw

tiga screw

Pompa Screw
                                                                                  
          
f. Pompa vane, rotornya berupa elemen berputar yang dipasang eksentrik dengan rumah pompa. Pada keliling rotor terdapat alur-alur yang diisi bilah-bilah sudu yang dapat bergerak bebas. Ketika rotor diputar sudu-sudu bergerak dalam arah radial akibat gaya sentrifugal, sehingga salah satu ujung sudu selalu kontak dengan permukaan dalam rumah pompa membentuk sekat-sekat ruangan di dalam pompa.

Vane Pump

rotary vane pump


 
Artikel Tehnik.
Artikel Kesehatan

Artikel Religi
Artikel Budaya
Jalan Jalan dan lain lain


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar