Senin, 28 Februari 2011

Minum Teh menajamkan Konsentrasi


VIVAnews - Meluangkan waktu untuk minum secangkir teh sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otak. Tak hanya itu, santai sejenak sambil menyeruput secangkir teh juga bisa mengusir lelah.



Sebelumnya, sebuah studi baru pernah mengungkap bahwa secangkir teh bisa membantu Anda memecahkan teka-teki silang lebih cepat.
Seperti dikutip dari Daily Mail, bahan alami yang ditemukan dalam secangkir teh dapat meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kewaspadaan. Dan kemudian dilakukan studi untuk mengetahui manfaat teh lebih jauh.
Dari hasil studi ini para peneliti melihat pengaruh bahan kimia kunci yang ditemukan pada teh yang mempengaruhi kinerja mental dari 44 relawan muda.
Efek dari bahan ini, asam amino yang disebut L-theanine yang juga ditemukan dalam teh hijau dan kafein yang biasa ditemukan juga dalam secangkir teh, masing-masing dibandingkan.
Secara signifikan bahan aktif dalam teh meningkatkan akurasi sejumlah tugas para relawan yang minum teh setelah menit 20 dan 70, dibandingkan dengan plasebo. Tak hanya itu, dari penelitian ini kewaspadaan peminum teh juga tinggi.
Teh juga ditemukan bisa mengurangi rasa lelah di antara para sukarelawan terutama pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Hal ini diungkapkan para peneliti Belanda yang melaporkan temuan mereka dalam jurnal Gizi Neuroscience.
"Hasil penelitian menunjukkan kombinasi dari teh juga membantu untuk memfokuskan perhatian pada tugas kognitif, "kata mereka.
Percobaan sebelumnya telah menunjukkan bahwa menambahkan susu dalam secangkir teh tidak mempengaruhi penyerapan flavonoid atau antioksidan dan juga tidak mengganggu atau pun berefek negatif untuk kesehatan.
Mengonsumsi teh juga bermanfaat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan parkinson. Penelitian lain menunjukkan minum teh secara teratur selama sepuluh tahun atau lebih dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.


Khasiat teh hijau  
Memang luar biasa. Bahkan berdasarkan riset banyak pakar yang mengkategorikan teh hijau sebagai minuman alami yang dapat menjaga kesehatan siapa saja yang mengonsumsinya.
Berikut ini adalah manfaat teh hijau untuk kesehatan :
~Mencegah Kanker
Epigallocatechin Gallate yang terkandung di dalam teh hijau terbukti sangat potensial untuk menghambat aktivitas dari senyawa karsinogenik pembentuk kanker.
~Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Epigallocatechin Gallate yang terkandung di dalam teh hijau juga berfungsi menghambat aktivitas enzim Angiotensin Transferase penyebab timbulnya tekanan darah tinggi.
~Mencegah Penyakit Jantung
Pembekuan throbosis yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Dan teh hijau terbukti mencegah pembekuan lebih efektif.
~Menyegarkan Tubuh
Kafeine / Tehine dari teh hijau mampu menstimulasi sistem saraf pusat dan dapat
memberikan efek menyegarkan tubuh.
~Mencegah Influenza dan Mengobati Diare
Cathecin yang terdapat pada teh hijau mempunyai sifat antimikroba, yang mampu menonaktifkan virus penyebab influensa.
~Membantu Membakar Lemak
Teh hijau dapat mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh anti oksidan yang membantu liver berfungsi lebih efektif.
~Membantu Melindungi dari Diabetes
Polyphenol dari teh hijau menghalangi amylase, sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah.
~Mencegah Karies Pada Gigi
Mineral Fluor cukup banyak terdapat di dalam teh hijau, selain itu senyawa Polyphenol yang dapat menghambat aktivitas bakteri mulut. Kedua hal tersebut akan mencegah timbulnya kerusakan pada gigi.
~Mencegah Keracunan Makanan
Teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri. Minum teh hijau dapat menurunkan resiko keracunan akibat bakteri.
~Mencegah Bau Mulut
Minum teh hijau dapat membantu membunuh bakteri dimulut yang menjadi penyebab bau mulut.
~Membantu Melindungi dari Hepatitis
Teh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi diseluruh tubuh yang berpengaruh langsung untuk melindungi dari hepatitis.
~Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Berkumur teh hijau dapat meningkatkan kekebalan terhadap influenza dan flu. Kimiawi teh hijau juga dapat merangsang sel gammadelta T yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.
Nah, sekarang anda bisa bayangkan kan manfaat apa saja yang bisa anda dapat dengan mengkonsumsi teh hijau? Mulailah jadikan teh hijau sebagai teman diantara aktivitas anda sehari-hari dan dapatkan tubuh sehat yang terbebas dari penyakit !

Baca juga Artikel lainnya.

Artikel Tehnik.
Artikel Religi
Artikel Kesehatan
Artikel Budaya
Jalan Jalan dan lain lain



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar