Selasa, 15 Mei 2012

Merah muda Buram Black Holes

Ledakan luar biasa yang dihasilkan oleh lubang hitam di galaksi di dekatnya telah memberikan bukti langsung untuk populasi tua, lubang hitam menguap bintang. Penemuan, yang dibuat oleh astronom menggunakan data dari Chandra X-ray Observatory di NASA, memberikan wawasan baru ke dalam sifat kelas lubang hitam misterius yang dapat menghasilkan energi sebanyak dalam sinar-X sebagai matahari memancarkan juta di semua panjang gelombang.



Peneliti menggunakan Chandra untuk menemukan ultraluminous baru sumber sinar-X, atau ULX. Objek-objek ini mengeluarkan lebih sinar-X dari sistem biner paling, di mana bintang pasangannya mengorbit sisa-sisa sebuah bintang yang runtuh. Bintang-bintang yang runtuh membentuk baik inti padat yang disebut bintang neutron atau lubang hitam. Emisi sinar-X menunjukkan ekstra ULXs mengandung lubang hitam yang mungkin jauh lebih besar daripada yang ditemukan di tempat lain di galaksi kita.

Sebuah makalah yang menjelaskan hasil ini akan muncul di edisi 10 Mei 2012, dari The Astrophysical Journal.

Image Credits: X-ray: NASA/CXC/Curtin University/R. Soria et al., Optical: NASA/STScI/ Middlebury College/F. Winkler et al.


Artikel Terkait lain nya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar