Selasa, 15 Mei 2012

Black Hole Aktif Formasi Bintang squashes

Data baru dari Herschel Space Observatory menunjukkan bahwa galaksi dengan, paling kuat aktif, lubang hitam supermasif pada intinya menghasilkan bintang kurang dari galaksi dengan yang kurang.

Lubang hitam supermasif diyakini berada di hati semua galaksi besar. Ketika gas jatuh pada monster ini, bahan yang dipercepat dan dipanaskan sekitar lubang hitam, melepaskan torrents besar energi. Dalam proses ini, lubang hitam aktif sering menghasilkan jet kolosal bahwa ledakan keluar aliran kembar materi dipanaskan.



Masuknya gas ke galaksi juga memicu pembentukan bintang baru. Dalam sebuah studi baru dari galaksi jauh, Herschel membantu menunjukkan bahwa pembentukan bintang dan aktivitas lubang hitam meningkat bersama-sama, tetapi hanya sampai titik tertentu. Para astronom berpikir bahwa jika sebuah flare lubang hitam aktif terlalu banyak, mulai memuntahkan radiasi yang mencegah bahan baku dari penggabungan menjadi bintang baru.

Konsep artis dari galaksi Arp 220 lokal, ditangkap oleh Teleskop luar angkasa Hubble, membantu menggambarkan hasil Herschel. Inti terang galaksi, dipasangkan dengan kesan seorang seniman overlay terhadap jet yang berasal dari itu, menunjukkan bahwa aktivitas lubang hitam pusat semakin meningkat. Sebagai lubang hitam aktif terus rev, laju pembentukan bintang akan, pada gilirannya, ditekan di galaksi. Para astronom ingin lebih mempelajari bagaimana pembentukan bintang dan aktivitas lubang hitam sangat terkait.

Image Credit: NASA/JPL-Caltech


Artikel Terkait lain nya

·  Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar