Minggu, 11 Maret 2012

Priming Pompa Sentrifugal


Banyak pompa sentrifugal yang tidak dapat melakukan priming sendiri. Dengan kata lain, rumah pompa harus diisi denganzat cair sebelum pompa dihidupkan, atau pompa tidak akan menjalankan fungsinya. Jika rumah pompa kemasukan dengan uap atau gas, impeller menjadi mengikat gas  dan tidak mampu memompakan.
Gas Terjebak
Gas  terjebak dari pompa sentrifugal adalah kondisi  dimana rumah pompa terisi dengan gas atau  uap air pada titik dimana impeller tidak cukup lama bertemu dengan fluida yang cukup terhadap fungsinya secara benar. Impeler memutar gelembung gas, tetapi tidak dapat mendorong fluida melalui pompa. Ini dapat membuat masalah pendinginan untuk paking pompa dan bearing. Pompa sentrifugal didesain  sehingga rumah pompanya penuh terisi dengan zat cairselama pompa beroperasi. Banyak pompa sentrifugal tetap dapat beroperasi ketika sejumlah kecil  gas yang terus bertambah  didalam rumah pompa, tetapi sistem pompa mengandung larutan gas yang tidak dirancang bisa melakukan ventilasi dengan

Pada Pompa yang sudah di pasang saluran pembuangan Gas terjebak seperti Gambar diatas tinggal dipasang Shut off Valve yang dapat membuang gas terjebak dengan mudah tinggal membuka Shaut off Valve Gas yang terjebak dapat langsung keluar melalui saluran dan valve tersebut.

Untuk memastikan pompa tetap terpriming dan tidak ada gas terjebak, banyak pompa sentrifugal diletakan dibawah level sumber dimana pompa menghisap dengan sendirinya. Efek yang sama dapat didapatkan dengan memberikan zat cair dibawah tekanan yang disuplaikan dengan pompa lain yang diletakan pada saluran hisap.

Lain halnya dengan Pompa Pemadam Kebakaran Pembuangan Udara yang ada dalam Ruang Impeler dilakukan dengan menghisap udara yang ada dalam ruang Impeler tersebut, biasanya dengan Vacum Venturi dengan memenfaatkan gas buang dari mesin yang menggerakan Pompa Pemadam tersebut seperti dibawah ini.. 


awal mulai primming tekanan suction masih 0 bar.

 Tekanan Suction sudah  turun  sampai -6.2 Bar

Tekanan Suction sudah turun sampai – 0.78 Bar  dengan kata lain pompa sudah dapat menghisap air pada kedalaman 7.8 meter  (NPSH – 7.8 meter)
Primming seperti gambar diatas dipergunakan pada Pompa Pemadam Kebakaran yang diharuskan dapat menghisap air yang levelnya  berada dibawah posisi Pompa .


Jika ada yang bermasalah dengan Sistem Vacum pada peralatan nya dapat menghubungi saya Lewat Email: usmusta@yahoo.co.id.  Mungkin dapat membantu.

Seperti peralatan diatas awal nya sudah rusak sistem Vacum tidak berfungsi, yang mengakibat kan Pompa pemadam tidak dapat dipakai.  Setelah kita perbaiki dan buat part yang rusak  sistem vacum dapat berfungsi seperti gambar diatas dan Pompa Pemadam Kebakaran siap dipakai .


 Tentu melakukan Priming untuk NPSH Negatif tidak boleh lebih dari Grafik diatas

Kapitasi akan lebih cepat


Artikel Menarik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar